https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PETANAHAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 | Setiowati | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PETANAHAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Wahyu Setiowati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika pada Bilangan Rasional dengan menggunakan NHT lebih baik dari pada  PBL pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan selama enam bulan mulai bulan Februari 2013 sam­­pai de­ngan Agustus 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Petanahan tahun pelajaran 2013/2014. Tek­nik sam­pling yang digunakan adalah cluster random sampling. Da­ta da­lam penelitian ini di­pe­roleh dengan metode tes dengan instrumen pilihan ganda sebanyak 20 bu­tir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada Bilangan Rasional dengan NHT lebih baik dari prestasi belajar siswa dengan  PBL pada siswa kelas X semester I SMA N 1 Petanahan tahun pelajaran 2013/ 2014. Dari hasil komputasi yang telah dilakukan didapat bahwa rerata hasil belajar kelas eksperimen I yaitu siswa kelas X MS 4 adalah 72, 24. Sedangkan untuk kelas eksperimen II yaitu kelas X MS 1 adalah 66,03. dengan taraf signifikansi 0,05 didapat Zobs 2,08 dan Ttabel 1,699. Sehingga Zobs DK yang menyebabkan H0 ditolak dan berarti NHT lebih baik dari PBL.

 

Kata kunci: Numbered Head Together, Problem Based Learning, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i2.999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.